Pembuatan
komputer utamanya ditujukan agar dapat digunakan untuk mengolah data, ia harus berbentuk suatu sistem yang
selanjutnya disebut sistem komputer.
Sistem komputer secara umum terdiri atas elemen-elemen yang saling berhubungan
dan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan tujuan utama dari sistem
tersebut. Tujuan utama dari sistem
komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi dengan dukungan
elemen perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software),
dan orang (brainware). Perangkat keras adalah peralatan komputer itu
sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi sejumlah instruksi untuk
melakukan proses tertentu dan orang yang berkepentingan dalam mengoperasikan
serta mengatur sistem komputer. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak
akan berarti, ia hanya berupa kumpulan
logam dan plastik. Perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika
tidak ada manusia yang mengoperasikannya. Struktur komputer merupakan cara-cara
sejumlah elemen saling berhubungan atau terkait. Struktur sebuah komputer
secara sederhana dapat digambarkan dalam diagram blok berikut ini.
I/O : Input-Output
CU : Control Unit
ALU : Aritmatic Logical Unit
CPU : Central Processing Unit
Komponen pemroses atau prosesor atau disebut juga CPU (Central
Processing Unit) merupakan otak dan pusat pengendali di dalam sebuah
sistem komputer. Jenis dan kemampuan prosesor sangat menentukan kecepatan
komputer di dalam memproses data.
Banyak terjadi perkembangan menarik
pada teknologi prosesor. Berbagai merk dan jenis prosesor yang banyak diminati
di antaranya merk: AMD (American Micro Device), APPLE, Cyrex Ń VIA, IBM, IDT, Intel, dan sebagainya.
- Processor / CPU
Bagian Penting Komponen Prosesor
Secara umum prosesor memiliki tiga
bagian penting, yaitu:
1. Arithmatics Logical Unit (ALU), bagian ini
berperan sebagai pusat dari segala perhitungan matematis untuk menjalankan semua
perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah sistem komputer.
2. Control Unit (CU): merupakan bagian
yang menjadi pengatur semua lalu lintas data dan perhitungan yang dilakukan
oleh prosesor. Dengan adanya unit ini, segala
perhitungan dan eksekusi dapat dilakukan secara
berurutan tanpa adanya
tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah yang
lain.
3. Memory Unit (MU) : bagian ini mendukung kerja
prosesor agar tidak perlu mengulang perintah yang sama ke bagian lain sehingga
bisa menghemat waktu pemrosesan data.
- Jenis-jenis Prosesor
1. Prosesor Intel
Sejak 1978, prosesor
Intel mengalami evolusi dari 8086 dan 8088 menjadi 8086, 80386 dan 80486,
sampai ke prosesor Pentium. Semuanya merupakan bagian dari keluarga x 86.
Keluarga Intel Pentium termasuk prosesor Pentium, Pentium Pro, Pentium dengan
MMX, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Celeron, Xeon, Core Soho, dan yang
terbaru Core Duo. Prosesor Intel generasi awal hanya memiliki ribuan transistor
dan prosesor generasi sekarang sampai jutaan transistor.
Hingga saat ini prosesor Intel Pentium IV
sudah mencapai generasi sebagai berikut:
a).
Soket 423 dengan
prosesor FSB 400 Mhz dengan cache memory L2 sebanyak 256 KB dan densitas
0,18 mikron
b).
Generasi soket 478
dengan ukuran 3,5 x 3,5 cm dan prosesor FSB 400 Mhz. Cache Memory L2-nya
sebanyak 256 KB dengan densitas 0,18 mikron. Tegangan yang dibutuhkan untuk
prosesor ini sebesar 1,7 volt.
c).
Generasi prosesor
dengan seri A di belakang angka kecepatannya yang dikenal dengan istilah Northwood.
Perkembangan dari prosesor ini adalah Cache Memory 512 KB, densitas
0,13 mikron, tegangan yang dibutuhkan 1,5 volt, FSBnya menjadi 533 Mhz.
d).
Generasi prosesor
dengan fasilitas hyper threading dengan clock prosesornya sebesar 3,06
Ghz.
e).
Generasi prosesor
Intel Pentium IV 3 Gb sampai dengan 3,2 Gb, memiliki FSB sebesar 800 Mhz dan
fasilitas hyper threading.
2. Prosesor
AMD
Advanced Micro Device (AMD) dikenal sebagai pembuat
prosesor dengan kinerja lebih rendah, walaupun hal ini masih dapat
diperdebatkan seiring dengan makin majunya teknologi prosesor saat ini. Dengan produk seperti AMD Athlon, Duron, dan
Sempron, AMD menantang prosesor Intel, baik dari segi harga maupun performa.
3. Prosesor Cyrex
Cyrex pada awalnya hanya memproduksi chip, tetapi lama
kelamaan juga ikut memproduksi microprocessor. Prosesor Cyrex biasanya
digunakan untuk PC low-en dengan harga murah. Keluarga prosesor Cyrex di
antaranya MediaGX dan Mil.
4. Prosesor
Motorola
Motorola membuat CPU
yang digunakan di komputer Apple Macintosh dan Power PC. Prosesor Macintosh
menggunakan struktur desain yang berbeda dari processor IBM-PC compatible.
Dengan munculnya Power PC, G3, G4, dan baru G5, komputer Macintosh membuat
standar baru bagi komputer dari segi kinerja dan harga.
Motorola membuat CPU yang digunakan di komputer Apple
Macintosh dan Power PC. Prosesor Macintosh Menggunakan struktur desain yang
berbeda dari prosesor IBM PC compatible. Dengan munculnya Power PC, G3, G4 dan
G5 komputer Macintosh membuat standar baru bagi computer dari segi kinerja dan
harga.
- Motherboard
Motherboard
merupakan tempat prosesor dipasang. Motherboard terdiri atas sirkuit dan komponen-komponen elektronik sehingga
memungkinkan berbagai komponen komputer untuk berkomunikasi satu sama lainnya.
- Memory
Memori menyimpan data intruksi program,
sementara CPU melakukan penghitungan terhadap data-data ini. Memori ini terbagi
atas dua macam, yaitu;
1) Read Only Memory (ROM)
ROM adalah memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak
dapat diubah dan dihapus, dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM
diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian
akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah
untuk membaca sistem operasi. Dari disk, perintah untuk mengecek semua
peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di
layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.
Pada saat sekarang
ini ROM t'elah mengalami perkembangan dan banyak macamnya antara lain:
a)
PROM (Programable
ROM)
ROM yang bisa kita program kembali dan hanya
boleh satu kali perubahan. Setelah itu ROM
tidak dapat lagi diprogram.
b)
RPROM (Re-Programable
ROM)
RPROM merupakan perkembangan dari versi PROM dan kita
dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang diinginkan.
c)
EPROM (Erasable
Program ROM)
EPROM merupakan ROM yang dapat dihapus dan program
kembali. Penghapusannya dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet.
d) EEPROM (Electrically Erasable
Program ROM)
EEPROM merupaka perkembangan mutakhir dari ROM dan kita dapat mengubah
dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM merupakan
jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
2).
Random Access Memory (RAM)
RAM adalah memori yang dapat diakses
secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang diolah untuk
sementara waktu (power on). Jika komputer kita
matikan, seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Fungsi dari RAM ini
adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer. Agar data yang dibuat tidak
hilang pada saat komputer dimatikan, diperlukan media penyimpanan eksternal,
seperti : disket, harddisk, dan lain-lain.
- VGA (Video Graphic Array)
Seperti apa bentuk VGA card tersebut?
Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.
VGA card yang terlihat diatas merupakan VGA tambahan, bukan on board (tidak menyatu dengan motherboard). Keuntungan VGA card non on board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer.
Disebut VGA card krn komponen ini memang berbentuk spt kartu yg di”tancap”kan pada motherboard (mobo) melalui satu slot yg khusus unt itu. Krn VGA card memiliki prosesor yg mengeluarkan panas saat beroperasi, maka pasti ada perangkat pendinginnya, bisa berupa sirip² logam dgn pipa² penghantar panas (heatpipe) atau berupa kipas pendingin (Heat Sink Fan/HSF).
Tak jarang VGA card ini sudah terintegrasi jadi satu dgn mobo, atau istilahnya VGA OnBoard (OB). Mobo dgn VGA OB tentu saja tdk lagi membutuhkan VGA card tambahan, kecuali bila VGA OB nya dirasa “kurang canggih”, masih bisa dipasang VGA card tambahan.
- Harddisk
Harddisk adalah piranti penyimpanan sekunder dimana
data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar
yang terintegrasi, Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut
track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai
sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan,
harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap
piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector
tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya.
- Power Supply
Power Supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer.
Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih, yang dapat disambungkan keberbagai peralatan seperti :
• Motherboard
• Harddisk
• Floppy Disk Drive
• CD – ROM
- Sound Card
- NIC (Network Interface Card)
Perangkat Masukan (Input Device)
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari
luar system. Input dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam
sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input digunakan untuk
memasukkan data dan untuk memasukkan program.
Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai
alat input dan berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian
disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer
dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi.
Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent
terminal, smart terminal, dan intelligent terminal. Non
intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan
penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses.
Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smart
terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang
terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis
ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Intelligent
terminal dapat diprogram oleh pemakai. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat
input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat
input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum
suatu input diproses oleh alat pemroses.
Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing
device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character
recognition, optical data reader atau optical character
recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice
recognizer (misalnya microphone), sedangkan alat input tidak langsung
misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu
plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat
pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau hard disk ) sebelum diproses lebih
lanjut.
Ada berbagai jenis data yang dikirimkan ke komputer,
seperti :
a) Data berupa karakter, huruf, kode, simbol : keyboard .
b) Data berupa besaran vektor (besaran dan arah)
: pointing device .
c)
Data imaging: gambar, visual.
d)
Untuk automasi :
pengiriman data terus menerus.
a. Keyboard
Penciptaan keyboard
komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat
dan dipatenkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan
Remington. Keyboard komputer pertama
disesuaikan dengan kartu pelubang (punch
card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu
pembuat lubang (punched card reader)
sebagai alat input dan output. Bila mendengar kata “keyboard”, pikiran tidak lepas dari adanya sebuah komputer karena
keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan
simbol-simbol khusus pada komputer.
Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya
papan tombol jari atau papan tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf
(alphabet) A – Z, a – z, angka (numeric) 0 - 9, tombol dan karakter khusus
seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ |,
tombol fungsi (F1 – F12), serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah
seluruhnya adalah 104 tuts. Pada mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts.
Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat
variatif. Banyak orang menggunakan mesin
ketik, baik menisn ketik biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai
kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil
output atau tampilannya. Bila digunakan mesin ketik manual maka tidak dapat
menghapus atau membatalkan apa-apa yang sudah ketik. Tidak demikian halnya dengan
keyboard. Apa yang diketikkan dengan
keyboard, hasil atau keluarannya dapat dilihat di layar monitor. Dara dapat dimodifikasi
atau diubah bentuk tulisannya, dan kesalahan ketik dapat diperbaiki. Keyboard
dihubungkan ke komputer melalui kabel
yang dimasukkan ke dalam port pada CPU komputer.
b. Mouse
monitor. Jika keduanya bergerak maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu
akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak sesuai dengan arah mouse
yang kita gerakkan.
Beberapa
mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol, paling kiri dan
yang paling kanan. Pengaruh penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek
(daerah) yang ditunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol bila tidak
mengenai area atau obyek yang tidak penting.
Penggunaan
mouse dikenal dengan istilah "Drag"
artinya menggeser atau menarik. Apabila ditekan tombol paling kiri tanpa
melepaskannya dan sambil menggesernya, maka akan mengakibatkan obyek tersebut
berpindah. Kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada jenis program apa dilakukan.
Mouse terhubung ke komputer dengan sebuah kabel. Ujung kabel tersebut
dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.
c. Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang berfungsi mirip
dengan mesin fotokopi. Bedanya mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat
pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor, kemudian
baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Hasilnya dapat disimpan sebagai file text,
dokumen atau gambar. Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang
berukuran kertas folio, berukuran postcard,
bahkan yang terbaru, berbentuk pena. Bentuk pena diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner
berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan dapat
ditransfer ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena dinamakan Quicklink. Pena scanner tersebut berukuran panjang enam inci dan
beratnya sekitar tiga ons. Menurut WizCom,
scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari
scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil oleh scanner, bisa
dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks
ASCII. Perbedaan tiap scanner dari
berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian
teknologi dapat berbentuk penggunaan tombol-tombol digital dan teknik
pencahayaan.
1. Cara kerja Scanner
Tombol mouse ditekan untuk memulai scanning. Hal-hal yang
terjadi adalah:
a)
Penekanan tombol mouse pada komputer menggerakkan
pengendali kecepatan pada mesin scanner.
Mesin yang ada dalam scanner mengendalikan proses pengiriman ke unit
scanning.
b)
Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman
ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
c)
Nyala lampu yang terlihat pada
scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah berproses.
d)
Setelah nyala lampu sudah mati,
berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar
monitor.
e)
Apabila hasil atau tampilan
teks / gambar ingin diubah, dapat menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan Adobe Photoshop, pot scanned, dan lain- lain.
2. Jenis Scanner
Ada dua jenis
scanner yang digunakan untuk memeriksa
gambar berwarna, Kedua jenis scanner tersebut adalah :
a)
Scanner yang hanya bisa satu
kali men-scan dan menyimpan semua warna.
b)
Scanner yang langsung bisa
tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna (merah, hijau dan biru).
Scanner yang disebut pertama cara kerjanya lebih cepat
dibandingkan dengan yang kedua, tetapi kurang bagus bila digunakan untuk
reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit/angka
biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Bila diinginkan
hasil yang lebih baik, dianjurkan
menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan
bagus.
d. Monitor
Monitor
adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya berupa
signal elektronik. Sigal elektronik berupa gambar yang tampil di layar monitor.
Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.
Monitor
memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan
ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang
akan menentukan ketajaman gambar pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat
ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung
sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
e. Printer
Printer adalah jenis hard-copy device. Keluaran hasil proses dicetak
di atas kertas. Printer memiliki berbagai
macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat
digunakan pun beragam. Untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat
besar dapat digunakan plotter.
1. Teknologi Printer
Dari
waktu ke waktu, teknologi printer terus berkembang sehingga harus mengikuti
perkembangan informasi. Printer dalam bahasa Indonesia berarti pencetak (alat
cetak). Istilah 'printer' saat ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak
yang terhubung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer
diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Banyak
merk produk printer sering dijumpai. Untuk mengetahui lebih jelas tentang
fungsi, jenis printer dan cara kerja printer, silahkan membaca uraian berikut
ini.
2. Fungsi Printer
Printer
adalah salah satu hardware (perangkat
keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan,
gambar dan tampilan yang lain dari
komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam
luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya, semakin bagus cetakan yang
dihasilkan. Sebaliknya, semakin resolusinya rendah, hasil cetakan akan buruk /
tidak bagus.
f. Mic (Microphone)
Kamera dapat digunakan untuk memasukkan input berupa gambar (dan suara), sedangkan mic
digunakan hanya untuk memasukkan input suara. Penggunaan mic tentu saja
memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara yaitu sound
card, dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
g. Camera Digital
Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini
adalah digital camera. Dengan adanya
alat ini, dapat lebih mudah memasukkan data berupa gambar apa saja, dengan ukuran
yang relatif cukup besar ke dalam komputer. Digital camera yang beredar di
pasaran saat ini ada berbagai macam, mulai dari jenis camera untuk mengambil
gambar statis sampai dengan camera
yang dapat merekam gambar dinamis.
Sekian dari saya, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi agan semua....
Wassalamualaikum Wr. Wb.
ijin copas gan
BalasHapusiya gan, tapi kasih sumber linknya yang jelas...
Hapus