cursors

Angry Birds

Sabtu, 01 Februari 2014

Pengertian Internet dan Intranet



Sekarang saya akan membagikan artikel tentang Pengertian Internet dan Intranet. Oke gan langsung aja disamak...

Jadi, pengertian Internet adalah hubungan satu komputer dengan komputer yang lainnya sehingga membentuk jaringan raksasa dan menjangkau bebagai situs yang ada di seluruh dunia. Internet dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Pengertian Intranet adalah hubungan satu komputer dengan komputer yang lainnya dan digunakan oleh organisasi tertentu. Misalnya PT. Telkom. Dan hanya PT. Telkom saja yang bisa menggunakan jaringan Intranet tersebut.

Kegunaan internet sangatlah berguna dan termasuk saya juga. Saya bisa nge-blog dan membuat artikel ini karena adanya jaringan internet.

Demikian dari saya, Semoga bermanfaat bagi agan-agan semua.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber :
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet


Baca Juga :
Cara Posting Blogspot Melalui HP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar