cursors

Angry Birds

Rabu, 05 Februari 2014

Materi Ujian Praktik TIK 9 (IX-1) : Pengenalan Dasar Internet dan Intranet

      


       Internet dan Intranet merupakan dua istilah yang saling mendukung stu sama lain. Internet berasal dari dua kata yaitu Internasional dan Networking. Kata Internasional menunjuk pada jangkauan seluruh dunia. Kata Networking memiliki arti jaringan. Dari dua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Internet adalah hubungan satu komputer dengan komputer lain sehingga membentuk jaringan raksasa yang menghubungkan berbagai situs dan menjangkau seluruh dunia.

       Intranet barasal dari kata Intra yang memiliki arti sama dengan Internal. Dan kata Networking yang memiliki arti jaringan. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Intranet adalah jaringan komputer yang digunakan secara interoleh sebuah lambaga atau organisasi tertentu.

Dari pengertian Internet dan Intranet yang sudah ada kita dapat menyimpulkan perbedaan yang mendasar antara kedua jaringan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Jaringan Internet
- Sifatnya Terbuka,
Artinya dapat diakses oleh siapa saja asalkan dapat terhubung dengan jaringan Internet.
- Jangkauan Luas tak Terbatas.
Artinya dapat menjangkau seluruh belahan dunia tanpa batas.

  •  Jaringan Intranet
- Sifat Tertutup.
Artinya hanya dapat diakses oleh orang  yang men\miliki akses terhadap jaringan intranet.
- Jangkauan Luas Terbatas.
Artinya hanya menjangkau pada area yang diperlukan untuk jaringan intranet saja.

  • Sejarah Internet dan Intranet
        Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


  • Dampak positif Internet
- Internet sebagai Media komunikasi
- Media untuk mencari Informasi.
- Sumber Penghasilan.
- Memudahkan kita untuk berbisnis.
- Media untuk pertukaran data.
- Sumber informasi.
 
  • Dampak Negatif Internet
 - Adanya ancaman virus.
- Carding atau pencurian nomor kartu kredit.
- Adanya aktivitas cracking.
- Pembajakan karya intelektual.
- Penyebaran situs-situs yang tidak sesuai dengan moral (pornografi).


  • Dampak Positif Intranet
- Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri.
- Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
- Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
- Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan.
 
 
  • Dampak Negatif Intranet 


- Informasi yang tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya.
- Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab.
- Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet.
- Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
- Bisa terjasi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik.


  •  Fasilitas dan Aplikasi Internet
WWW
WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.

Email
Email atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.

 Mailing list
Mailing list atau Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email.

 Chatting
Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita.Dengan Chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut WEBCAM.

Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.

FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan untuk download dan upload file.

Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer tersebut.

Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang didapat hanya terbatas pada teks saja.

 Ping
Ping adalah Packet Internet Gopher yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.


Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat bagi agan semua...
Wassalamualikum Wr. Wb.




3 komentar: